Superman (bahasa Indonesia: “Lelaki Super”), adalah tokoh fiksi karakter pahlawan super yang paling terkenal dan berpengaruh dari penerbit komik DC Comics dariAmerika Serikat. Superman secara luas telah dianggap sebagai ikon budaya yang melambangkan kekuatan budaya Amerika Serikat. [1][2][3][4]

Dalam bahasa Inggris, Superman juga dikenal sebagai “The Man of Steel” (“Manusia Baja“) “The Man of Tomorrow” (“Pria Masa Depan“) dan “The Last Son of Krypton” (“Putra Terakhir Planet Krypton“). Superman diberikan julukan oleh teman pahlawan super sejawatnya dengan julukan “The Big Blue Boy Scout” (“Anak Pramuka Lelaki yang Biru Besar“),[5]

Diciptakan oleh seorang seniman KanadaJoe Shuster, dan penulis Amerika SerikatJerry Siegel pada tahun 1932 saat mereka masih remaja di ClevelandOhio dan kemudian menjualnya kepada Detective Comics, Inc. pada 1938. Superman pertama kali muncul dalam serial Action Comics (“Komik Aksi”) edisi #1 di Amerika Serikat (30 Juni 1938) dan kemudian juga muncul di berbagai serial drama radioacara televisifilm layar lebarsurat kabarkomiknovel, dan permainan video berbahasa Inggris. Dengan kesuksesan petualangannya, Superman membantu menciptakanragam pahlawan super dan populernya buku-buku komik Amerika Serikat.

Karakter awal Superman[sunting | sunting sumber]

The Reign of the Super-Man” dalam majalahScience Fiction, Vol. 1, No.3 (Juni 1933).

Ketika Jerry Siegel dan Joe Shuster pertama kali membuat Superman, bukanlah seorang pahlawan super yang selalu membantu manusia lain, tetapi seorang psikopatbotak jenius dengan kekuatan telepati yang hendak menguasai seluruh dunia. Ia muncul pada cerita pendek yang berjudul “The Reign of the Super-Man” dari Science Fiction #3, sebuah majalah yang diterbitkan oleh Siegel pada tahun 1933.[6] Karena tidak lakunya karakter ini, pada akhirnya “Superman Botak” itu pun kemudian ditulis ulang oleh Siegel ditahun 1933 sebagai seorang pahlawan, berbeda dari karakter jahat sebelumnya, mengambil model dari aktor Douglas Fairbanks Sr. dan alter egonya Clark Kent, dari aktor komedi Harold Lloyd.[7][8] Superman botak dan jahat kemudian menjadi seorang musuh utama Superman yang bernama Lex Luthor.

Perubahan karakter Superman

Seperti diceritakan dalam Action Comics edisi #1, Superman lahir di planet Kryptondengan nama Kal-El, dan ketika masih bayi diluncurkan dengan roket ke Bumi oleh ayahnya, Jor-El, sesaat sebelum planet itu hancur. Roket kemudian mendarat di Bumi, di sebuah ladang, yang ditemukan oleh pasangan Kent, Jonathan Kent dan Martha Kent, yang kemudian mengadopsinya dan diberi nama Clark Kent. Sebagai seorang anak yang sedang tumbuh, ia menemukan bahwa ia menguasai kekuatan yang jauh diatas manusia biasa dan menggunakan kekuatannya untuk menolong orang lain. Untuk menyembunyikan rahasia identitasnya saat tidak sedang berhadapan dengan penjahat sebagai seorang Superman, ia hidup sebagai Clark Kent, manusia biasa yang berwatak halus, seorang reporter The Daily Star (kemudian berganti nama menjadi The Daily Planet). Clark bekerja bersama reporter Lois Lane, dan terlibat kisah asmara dengannya, dan diceritakan menikah dalam lanjutan kisah komiknya.

Logo S

Superman adalah karakter pahlawan super pertama yang memakai eblem atau sebuah logo di dadanya. Rancangan karakter aslinya tidak memakai emblem apapun, tetapi karena perkembangan zaman dan waktu, maka ditambahkanlah Tanda “S” tersebut. Bagi para penciptanya “S” juga bisa berasal singkatan dari “Shield” (tameng). Bentuk original Logo nya adalah contekan dari Lencana Polisidi Amerika, tetapi setelah superman menjadi terkenal, logo itu lebih dikenal dengan sebutan “The Knight Shield”.

Karakteristik

Kepribadian

Pada awal pernciptaan oleh Siegel dan Shuster, Superman memiliki kepribadian yang kasar dan agresif. Karakter yang terlihat dalam langkah untuk menghentikan kekerasan dalam rumah tangga, para lintah darat, gangster dan mafia, dengan sedikit kasar dan kurang memiliki kode moral untuk penonton dapat digunakan pada saat ini. Kemudian ada penulis yang telah melembutkan karakter ini dan menanamkan rasa idealisme moral dan kode etik. Meskipun tidak sesadis/ sedingin karakter Batman pada awal kemunculan, Superman muncul pada komik tahun 1930-an menceritakan tentang tidak pedulinya akan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kekuatannya, melontarkan para penjahat dengan cara sekiranya akan menyebabkan kematian yang terjadi, meskipun ini tidak jarang ditampilkan secara eksplisit pada halaman. Kisah ini datang ke sebuah akhir akhir tahun 1940, ketika seorang editor baru yang bernama Whitney Ellsworth memberikan kode etik untuk karakter ini, melarang Superman untuk pernah membunuh seseorang.[9]

Pada saat ini karakter Superman digambarkan sebagai seorang Pandu yang sangat kontradiksi dengan tindakan pahlawan super lainnya yaitu Batman. Dia selalu melindungi orang yang membutuhkan pertolongan, para penjahat biasa, supervillain dan lainnya.

Data pribadi

  • Nama asli: Clark Kent (Planet Bumi) / Kal-El (Planet Krypton)
  • Status: Menikah
  • Tinggi: 6’3″ (192.024 cm)
  • Berat: 102.1 kg
  • Warna mata: Biru
  • Rambut: Hitam
  • Alias: Man of Steel, Man Of Tomorrow,Last son of Krypton, dan Krypton’s favorite son
  • Pekerjaan: Petualang, reporter surat kabar, kolumnis, novelis, mantan editor,
  • Group Affiliasi: Justice League of America (saat ini); Justice League International
  • Alamat: Metropolis, Amerika Serikat

Keluarga

  • Jor-El (ayah kandung; meninggal);
  • Lara (bunda kandung; meninggal);
  • Jonathan Kent (ayah angkat),
  • Martha Clark Kent (bunda angkat);
  • Lois Lane (istri);
  • Harry Kent (paman angkat);
  • Sarah Kent (bibi angkat);
  • Jason White (anak kandung);

Serial komik Superman

Komik dengan peran Superman sendiri tidaklah sesukses pada awal-awal kemunculannya. Superman lalu bergabung pada kelompok JLA sebagai pemimpinnya dan menjadi sebuah komik tersendiri. Dilain pihak Superman melakukan Cross-Over dengan jagoan dari DC lainnya seperti Superman vs Batman dan lain sebagainya.

“Kematian Superman” (“The Death of Superman“)

Superman yang menjadi pemimpin Justice League of America tidak lepas dari masalah intern seperti masalah kedisiplinan para anggotanya. Dan juga jatidiri super hero lainnya di mata para penduduk.[rujukan?]

Setelah berhasil menolong mahluk dari bawah tanah, Superman yang telah selesai dengan tugasnya memutuskan untuk menuju ke studio untuk mengikuti wawancara sebuah televisi swasta. Dalam wawancara itu dibeberkan beberapa hal umum seperti masalah kedisiplinan anggota JLA. Sebelum menyelesaikan wawancara, sebuah panggilan datang dan Superman terbang untuk menyelamatkan dunia.

Panggilan itu berasal dari para anggota JLA yang menghadapi monster bernama Doomsday (bahasa Indonesia: “Hari Kiamat”). Sekuat apapun para JLA berusaha menghentikan tetapi tak satuppun berhasil. Hal yang lebih mengejutkan, gabungan serangan yang mereka lakukan tidak berefek padanya. Bahkan menghancurkan alat Limiter miliknya. Alat yang berguna mengurangi kekuatan si monster.

JLA termasuk Superman yang turut membantu tak berhasil menghentikan. Doomday berjalan dengan tenangnya menuju kota. Dengan kekuatan terakhir, Superman mengejarnya dan berusaha mengalahkan Doomday sebelum timbul banyak korban.

Pertarungan berlangsung seru hingga Superman mengetahui kelemahannya dia berada di tanduk seputar badannya. Dengan sekuat tenaga dia berkelahi dengan dibantu oleh pasukan khusus terbang. Super-girl yang berusaha menahan harus jatuh dan terluka parah.

Doomsday berhasil dikalahkan dengan dibayar mahal, Superman meninggal. Meninggal di pangkuan kekasih yang dicintainya.

“Dunia Tanpa Superman” (“The World Without Superman“)

Kisah ini adalah jembatan antara kematiannya dan kembalinya sang manusia super. Disini diceritakan betapa menderitanya Louis kehilangan Clark, JLA yang merasa berhutang budi pada Superman dan melakukan pekerjaan Superman yaitu menjadi santa claus di hari natal.

Beberapa malah berusaha mencurinya dan kemudian dikembalikan. Lex Luthor yang menjadi tokoh jahat dalam komik malah tidak di angkat dengan jelas pada kesedihannya akan kehilangan seorang figur yang harus dikalahkan.

Kisah ini di akhiri dengan hilangnya Superman? Tetapi dari yang terlihat tidak ada yang menculiknya tetapi Superman sendiri yang bangkit?

“Kembalinya Superman” (“The Return of Superman“)

Superman yang hilang pada kisah sebelumnya mendadak muncul kembali tetapi dalam bentuk berbeda. Dia memakai kacamata merah dan sangat kasar. Louis merasa bahwa dia memang Superman tetapi nadanya sangat berbeda.

Sementara itu muncul Superman lainnya yang menunjukkan bahwa dia adalah sang Superman karena dia adalah klon dari sang pahlawan. Superman ini tidak mau dipanggil sebagai Superboy.

Superman lain berbentuk seperti manusia besi atau dipanggil Man of Steel. Berbeda dengan para Superman lainnya, Man of Steellebih mirip seperti Superman pada jiwanya. Jiwa penolong dan mau rela bertanggung jawab.

Sementara itu Superman terakhir adalah superman yang tubuhnya hampir seluruhnya adalah robot. Forensik dan penelitian menunjukkan kemungkinan besar tubuhnya adalah berasal dari superman.

Tapi dibalik itu semua. Sesosok mahluk misterius menuju ke arah Bumi. Sementara itu dari kutub utara, seseorang memasuki robot dan berjalan menuju Metropolis.

Persilangan kisah

“DC Versus Marvel”

Pada tahun 2007, sebuah situs mengadakan pemilihan pahlawan super dengan tenaga terkuat yang diberi judul “The Most Strength Superhero” (bahasa Indonesia: “Pahlawan Super Terkuat”). Berikut adalah yang menempati posisi kesatu hingga ketiga. 1.The Incredible Hulk (dari Marvel comic) 2.Superman (dari DC comic) 3.The Thing dari Fantastic Four (dari Marvel comic)

Namun kemudian, DC yang bekerja sama dengan Marvel menerbitkan komik gabungan yang berjudul “DC versus Marvel”. Pada komik ini mempertemukan beberapa tokoh DC melawan tokoh Marvel. Dan di antaranya mempertemukan juara 1 The Incredible Hulk yang dipertemukan melawan Supeman. Dan pada pertarungan ini, Superman berhasil mengalahkan The Incredible Hulk yang berarti meruntuhkan pendapat bahwa Hulk lebih kuat daripada Superman. Bahkan The Thing yang menempati posisi ketiga berhasil dikalahkan oleh Martian Manhunter yang kembali meruntuhkan posisi The Thing.

SUMBER :

http://id.wikipedia.org/wiki/Superman