Menurut UUD 1945 pasal 33 memandangkoperasisebagaisoko guru perekonomian nasional, yang kemudiansemakindipertegasdalampasal 4 UU No. 25 tahun 1992 tentangperkoperasian. Menurut M. Hattasebagaipeloporpasal 33 UUD 1945 tersebut, koperasidijadikansebagaisoko guru perekonomiannasionalkarena:
Koperasimendidiksikap self-helping.
Koperasimempunyaisifatkemasyarakatan, di manakepentinganmasyarakatharuslebihdiutamakandaripadakepentingandiriataugolongansendiri.
Koperasidigalidandikembangkandaribudayaaslibangsa Indonesia.
Koperasimenentangsegalapaham yang berbauindividualismedankapitalisme.
Dalampenjelasanpasal 33 UUD 1945 ini dikatakanbahwa ”produksi di kerjakanolehsemua, untuksemua, di bawahpimpinanataupemilikananggota-anggotamasyarakat. Kemakmuranmasyarakat yang diutamakan, bukankemakmuranPerorangan. Olehsebabituperekonomiandisusunsebagaiusahabersamaberdasarkan atas asaskekeluargaan. Bangunperusahaan yang sesuaidenganituialahkoperasi.”

Berikut ini adalah tujuan pembentukan koperasi di indonesia :
a.      Memajukankesejahteraananggota
b.      Memajukankesejahteraanmasyarakat
c.       Membanguntatananekonominasional
Ketiga tujuan tersebut saling berkaitan. Denganadanyakoperasikebutuhan para anggotadapatdiperoleh di koperasi. Denganterpenuhinyakebutuhananggotamakasemakinmeningkatlahkesejahteraananggotakoperasi. Denganmemajukankesejahteraananggotanyaberartikoperasijugamemajukankesejahteraanmasyarakatdanmemajukantatananekonominasional.
Keseluruhantujuankoperasitersebutadalahdalamrangkamewujudkanmasyarakat yang maju, adil, danmakmurberlandaskanPancasiladanUndang-UndangDasar 1945. Pengertiansederhananya:  bahwakoperasibermanfaatbagianggotanya.
Manfaat paling utamaadalahanggotadapatmemenuhikebutuhanhidupnya. Misalnyadenganadanyakoperasi, anggotadapatmeminjamuangpadakoperasiuntuk modal usaha.

Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwakoperasimemilikiperan yang besar di masyarakat. Jikabanyak orang yang dapatmengambilkemanfaatankoperasimakaekonomimasyarakat pun akankuat. Olehkarenaitutakheranjikakoperasidisebutsebagaisoko guru atautiangutamaperekonomian di Indonesia.
Hal-hal yang menjadikelebihankoperasi di Indonesia adalah:
a.      Bersifatterbukadansukarela.
b.      Besarnyasimpananpokokdansimpananwajibtidakmemberatkananggota.
c.       Setiapanggotamemilikihaksuara yang sama, bukanberdasarkanbesarnya modal
d.      Bertujuanmeningkatkankesejahteraananggotadanbukansemata- matamencari  keuntungan.

Namun di balikkelebihanitu, adajugahal yang menjadikelemahankoperasi di Indonesia, yaitu:
a.      Koperasisulitberkembangkarena modal terbatas.
b.      Kurangcakapnyapengurusdalammengelolakoperasi.
c.       Penguruskadang-kadangtidakjujur.
d.      Kurangnyakerjasamaantarapengurus, pengawasdananggotanya.

Kesimpulan :

Menurut pendapat saya apabila koperasi berjalan dengan baik, dengan tujuan utama untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat mungkin bisa dikatakan bahwa koperasi masih sebagai soko guru perekonomian indonesia. Akan tetapi pada kenyataan nya koperasi masih belum bisa berjalan dengan baik. Bahkan setelah melakukan survey ke salah satu koperasi yang bertempat di bogor mengatakan bahwa koperasi itu untuk berjalan sangat sulit. Mungkin bisa dikatakan bahwa sekarang perkembangan koperasi di indonesia belum berjalan baik dan dapat dikatakan koperasi sudah tidak menjadi soko guru perekonomian di indonesia.

Sumber :

http://www.ksp-tepiantaduh.com/news82-koperasi-sebagai-sokoguru-perekonomia.html